Share Article
Senin, 14 Juli 2014 - 07:04:14 WIB

Bersih-bersih Sungai Ciliwung

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Indonesia Lestari - Dibaca: 2180 kali

Bagi manusia, sungai adalah sumber air, sumber makanan, dan juga sumber keindahan yang tak tergantikan. Sungai juga merupakan tempat hidup berbagai flora dan fauna di dalamnya. Namun saat ini sangat sulit menemukan sungai bersih dan bebas dari pencemaran lingkungan. Apalagi jika melihat kondisi sungai di kota kota besar. Sungai tersebut menjadi tempat pembuangan sampah, limbah rumah tangga, bahkan limbah industry. Tidak mengherankan jika sungai tampak kotor dan bau. Selain itu, jika musim penghujan tiba, air tersebut akan meluap menyebabkan banjir karena tumpukan sampah, begitulah fenomena sungai saat ini. Tak terkecuali Sungai Ciliwung.

Sungai Ciliwung ibarat urat nadi aliran air dari Bogor menuju Jakarta yang melewati banyak wilayah. Jika diukur dari hulu yang berada di lembah Gunung Gede, Jawa Barat, hingga muara terakhir di ujung Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Sungai ciliwung memiliki aliran lebih kurang sepanjang 120 kilometer. Dahulu pernah diandalkan sebagai jalur pedagangan sungai pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, namun kini kondisi Sungai Ciliwung semakin hari semakin memprihatinkan.

BRI Peduli bersama dengan Yayasan Green Smile tergerak untuk melakukan suatu aksi sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Aksi yang diselenggarakan oleh kedua institusi tersebut berupa pembersihan sampah dan diberi nama Jakarta River Festival. Dengan melibatkan ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat khususnya anak muda, BRI Peduli bersama dengan Yayasan Green Smile mewujudkan rasa cinta terhadap Lingkungannya dengan melakukan pembersihan sampah di sungai ciliwung.

'Tak kurang dari 10.000 orang mengikuti kegiatan bersih-bersih ciliwung,' ujar Budi Satria, Corporate Secretary BRI. 'bersih bersih ciliwung kemarin juga didukung oleh Grup Kopassus TNI yang bermarkas di Cijantung,' imbuhnya. Menurut Budi Satria, bersih bersih sungai tersebut didasari oleh keprihatinan atas kondisi sungai di DKI yang setiap tahunnya kian memburuk. Selain dipenuhi tumpukan sampah, limbah cair dan industri di sepanjang aliran sungai, Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung juga semakin menyempit dan dangkal sehingga fungsi sungai harus dikembalikan seperti semula.

Dadang Irawan, Pembina Yayasan Green Smile juga menginformasikan, dalam sehari hampir 100 ton sampah Jakarta terbuang ke sungai di Kota Jakarta, hal tersebut memiliki berbagai dampak ekologis dan sosial, sampah telah merusak habitat hewan di sungai tersebut dan terkikisnya tanaman yang hidup dipinggir sungai. 'Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap fungsi dari Sungai Cilwung bisa kembali seperti semula, selain untuk mengurangi dampak banjir juga sebagai penyokong urat nadi kehidupan warga Jakarta ,' ucap Dadang.

Budi menambahkan, selain kegiatan River Clean Up, Aksi ini juga didukung oleh beragam macam bentuk kampanye yang ditujukan untuk mempromosikan daur ulang dan mengurangi penggunaan barang-barang yang menjadi sampah seperti kegiatan Grebeg Pasar yang diadakan di Pasar Jatinegara, Pasar Grogol, Pasar Rumput dan Pasar Minggu. 'kami berusaha mengedukasi masyarakat agar tidak buang limbah dalam bentuk apapun ke dalam sungai,' ujar Budi. Budi juga menekankan, bahwa betapa pentingnya sungai yang bersih bagi kehidupan kita. 'Jangan membuang sampah ke dalam sungai, karena dapat mengganggu ekosistem hidup dalam sungai,' ucap Budi. ' Dengan sungai yang bersih, maka akan terlihat menyenangkan. Air sungai yang bersih dan jernih yang mengalir di tengah tengah kota tentunya akan menjadi pemandangan yang indah,' pungkas Budi Satria.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI akan melakukan perbaikan sarana prasarana sanitasi dan kesehatan lingkungan kawasan kumuh kota

2281714

Pengunjung hari ini : 315
Total pengunjung : 799999
Hits hari ini : 814
Total Hits : 2281714
Pengunjung Online : 8
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling