Share Article
Senin, 14 Juli 2014 - 07:05:14 WIB

BRI Gelar Capacity Building untuk mahasiswa BNC

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Indonesia Cerdas - Dibaca: 1977 kali

Pada akhir Januari 2014 yang lalu, untuk kedua kalinya Bank BRI menggelar program Capacity Building di Banaran Kab.Semarang. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa penerima Beasiswa Nusantara Cerdas (BNC) yang sebagian besar berasal dari Indonesia Timur yang berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri di Pulau Jawa. Menurut Muhamad Ali, Corporate Secretary Bank BRI, Program Pelatihan Capacity Building mempunyai beberapa tujuan, yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa penerima Beasiswa dalam hal memimpin dan mengelola suatu organisasi, serta membangun organisasi yang solid. 'Selain itu, program Capacity Building ini juga bertujuan untuk mengevaluasi prestasi akademik serta membangun mental mahasiswa sebagai persiapan untuk memasuki dunia kerja' ujar Ali.

Acara yang berlangsung dari tanggal 31 Januari s/d 02 Februari 2014 dan diikuti oleh 45 orang ini berisikan kegiatan yang meliputi materi Capacity Building dan Outbond. Materi yang disampaikan mulai dari pelatihan public speaking dan kepemimpinan. Sedangkan kegiatan outbond yang dilaksanakan di Lingkungan Banaran Resort, Semarang bertemakan 'Membangun tim yang solid'.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Program Pelatihan Capacity Building berjalan lancar dan mendapat antusias serta respon positif dari peserta. 'kami bersyukur bisa mengikuti program ini, karena semua ilmu yang kami dapatkan sangat berguna bagi masa depan kami,' cetus Heidi Laysandra, penerima BNC dengan IPK 3.76 yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Mardiyanti A. Aksa, peserta BNC asal Kupang, NTT menambahkan, 'Melalui Program capacity building ini, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, kami juga bisa silaturrahmi dan berbagi dengan peserta program BNC dari seluruh Indonesia'.

Ali yang mengawasi langsung pelaksanaan kegiatan ini hingga selesai mengatakan, lewat forum capacity building, diharapkan mahasiswa akan semakin terasah soft skill nya. 'Program BNC bukan semata ingin melahirkan mahasiswa dengan nilai akademis bagus. Namun, kami ingin menghasilkan lulusan yang komplet. Nilai akademis bagus, soft skill juga bagus,' tambahnya. 'Kami pernah membiayai mahasiswa BNC yang ikut lomba paduan suara di luar negeri. Kami juga mendukung mahasiswi yang suka penelitian dengan membelikan peralatan laboratorium. Kami juga siap membiayai jika ada yang berminat ikut workshop atau seminar, bahkan di luar negeri sekalipun,' paparnya.

Evaluasi Peserta BNC

Meski juga memperhatikan penambahan soft skill, Ali bersama tim CSR Bank BRI selaku pelaksana program BNC ini tetap mensyaratkan peserta BNC agar bisa meraih prestasi akademis peserta, dengan mengacu ke capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) masing-masing. Hasil evaluasi disampaikan langsung dalam bentuk surat tertulis. Surat hasil evaluasi itu selain dibagikan kepada penerima BNC juga dibagikan kepada para orang tua asuh. Yakni para dosen setempat yang ditunjuk BRI sebagai Pembina para peserta BNC tersebut.

Menurut Ali, Bank BRI sangat selektif dalam memilih dosen sebagai orang tua asuh. 'Mayoritas Orang Tua asuh untuk program BNC ini bergelar doctor, bahkan juga pejabat structural di kampus masing masing,' katanya. Salah satu orang tua asuh para peserta BNC yang ikut hadir dalam kegiatan di Semarang tersebut, Dr Ir Maftuh, menambahkan bahwa evaluasi dari pihak Bank BRI menunjukkan bahwa Bank BRI memang tidak asal melaksanakan program beasiswa. 'Baru kali ini ada program beasiswa yang memperhatikan mahasiswa penerimanya selengkap dan serinci ini. Lewat program BNC, BRI tidak sekedar menyediakan uang kuliah, namun juga mendukung pengembangan soft skill mahasiswanya. Tidak ketinggalan juga melakukan evaluasi dengan serius. Dia juga sepakat bahwa program BNC yang merupakan bagian dari kegiatan BRI Peduli Pendidikan ini bukan seperti program beasiswa umumnya. Selaku bapak asuh, Maftuh yang sehari- hari adalah dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya ini mengaku ikut terpacu untuk lebih serius mengawasi dan membina anak asuhnya. Apalagi selaku bapak asuh, Maftuh juga mendapat Surat hasil evaluasi dari Bank BRI.

Maftuh mendapat tugas mengasuh enam mahasiswa BNC yang kuliah di Universitas Brawijaya. Dari enam mahasiswa itu, ada satu mahasiswa yang IPK nya belum begitu menggembirakan. 'Setelah saya evaluasi, karena si mahasiswa yang IPK nya belum bagus itu keasyikan kegiatan di luar kampus. Saya beri target dia untuk mencapai IPK dalam satu tahun ini, katanya.

Beasiswa Nusantara Cerdas

Program Beasiswa Nusantara Cerdas (BNC) Bank BRI adalah Program bersama antara Kementerian Pendidikan Nasional dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang secara bersama-sama memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada Warga Negara Indonesia sebagai peserta didik berprestasi yang telah memenuhi syarat akademis dan lulus seleksi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Pada awalnya, Program Bantuan Pendidikan dari BRI ini dinamakan Beasiswa Putra Papua, dikarenakan penerima beasiswa yang berjumlah 12 orang semuanya merupakan asli Putra Daerah dari dua Provinsi di Papua. Namun pada tahun 2011, beasiswa yang diberikan tidak hanya dikhususkan pada mahasiswa asal Papua namun juga mahasiswa lain yang berasal dari Indonesia Timur seperti Maluku, Maluku Utara, NTT, dan Sulawesi Utara. Dan selanjutnya beasiswa ini disebut sebagai Beasiswa Nusantara Cerdas (BNC), yang hingga tahun 2012 telah disalurkan kepada 37 mahasiswa. Untuk tempat kuliah, ke 37 orang itu disebar di tujuh perguruan tinggi. Selain ada yang di Undip, juga di UI, UGM, Unibraw, IPB, ITB, dan ITS.

Pelaksanaan BNC yang sudah berlangsung dua angkatan ini cukup baik. Karena itu, berikutnya segera akan dibuka pendaftaran untuk program BNC III. 'Kita akan buka program BNC III pada tahun ajaran 2014/2015 mendatang. Kriterianya dasarnya tetap sama, kita akan memberi beasiswa kepada mahasiswa pintar yang berasal dari daerah terdepan Indonesia, yang tidak mampu secara ekonomi,' kata Muhamad Ali. Pola program BNC III akan tetap seperti pada Beasiswa Putra Papua/ BNC I dan BNC II. Para peserta BNC tetap akan menerima fasilitas berupa bantuan uang kuliah dan uang bulanan untuk biaya kos, makan, dan uang saku.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI Kembangkan Teras Usaha Nelayan di Pesisir Pantai Tegal

1595859

Pengunjung hari ini : 248
Total pengunjung : 582765
Hits hari ini : 633
Total Hits : 1595859
Pengunjung Online : 4
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling