Share Article
Senin, 14 Juli 2014 - 07:07:17 WIB

BRI Peduli untuk korban Gunung Kelud

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Indonesia Peduli - Dibaca: 1540 kali

Pada hari Kamis malam (13/2), terjadi erupsi pada Gunung Kelud, setelah sebelumnya dinyatakan berstatus siaga pada awal Februari lalu. Letusan Gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang ini memaksa ratusan ribu orang di daerah sekitar gunung untuk mengungsi dari tempat tinggal mereka. Abu letusan gunung berapi tersebut menyelimuti beberapa kota seperti Kediri, Surabaya, Yogyakarta, bahkan sampai ke beberapa kota di Jawa Barat, serta membuat tiga bandara internasional di kota Solo, Surabaya, dan Yogyakarta menutup operasinya.

'Kondisi yang paling parah dialami oleh warga di Kabupaten Kediri, ada sekitar 70 ribu jiwa yang dievakuasi. Mereka adalah warga di empat kecamatan yang terdampak langsung bencana letusan, yaitu dari Kecamatan Ngancar, Kepung, Plosoklaten, dan Puncu. Selain menempati tenda pengungsi, mereka juga menempati tempat-tempat ibadah ataupun sekolah', ujar Hariyanti Sutrisno, Bupati Kediri, pada saat rapat koordinasi pembahasan tanggap darurat bencana dengan BRI dan sejumlah BUMN lainnya.

Melihat kondisi tersebut, BRI pada Jumat pagi (14/2) mengirimkan bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada korban bencana letusan Gunung Kelud. Bantuan kemanusiaan senilai Rp. 750 juta tersebut berupa makanan cepat saji, sembako, selimut, susu bayi, perlengkapan bayi, obat-obatan, masker, tenda dan barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Muhamad Ali, Corporate Secretary BRI mengatakan, bantuan itu disalurkan langsung ke titik - titik pengungsian yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu Malang, Blitar dan Kediri. 'Kami berharap, bantuan ini kiranya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk korban musibah', ujar Muhamad Ali. 'Selain barang barang kebutuhan sehari hari, BRI juga turut mendirikan 4 (empat) posko kesehatan. yang terletak di Desa Wates, Desa Segaran, dan Desa Wonorejo di Kabupaten Kediri. Sedangkan di Kabupaten Malang, BRI mendirikan posko kesehatan di Desa Ngantang', imbuh Ali.

BRI Peduli Kemanusiaan

Ali menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) Bank Rakyat Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan nama Program BRI Peduli. BRI Peduli merupakan program tanggung jawab sosial BRI terhadap masyarakat baik dalam bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat lemah, pelestarian budaya, pembangunan sarana fasilitas umum dan fasilitas social, serta penanganan terhadap bencana alam.

Dalam bidang penanganan terhadap bencana alam, sebelumnya BRI telah berpartisipasi dalam meringankan beban korban bencana alam mulai dari Erupsi Gunung Sinabung, Banjir bandang di Manado, serta banjir yang melanda di Jakarta dan kota-kota disepanjang Pantai Utara Jawa. Untuk korban bencana Erupsi Gunung Sinabung, BRI memberikan bantuan senilai lebih dari Rp. 700 juta berupa kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, tikar, tenda, seragam sekolah dan kebutuhan bayi. Sedangkan untuk korban banjir di Jakarta dan sepanjang kota di Pantai Utara Jawa, BRI memberikan bantuan senilai lebih kurang Rp 2 Miliar.

Lebih lanjut Ali mengatakan, melalui program BRI Peduli, BRI selalu memberikan bantuan terhadap korban bencana di Seluruh Indonesia. Dana Tanggap Darurat yang disiapkan oleh BRI senilai lebih dari Rp 10 Miliar, yang disiapkan melalui Unit Kerja Bank BRI di seluruh Indonesia, dengan tujuan apabila di daerah tsb terjadi musibah bencana alam, Unit Kerja Bank BRI terdekat dapat segera memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI akan melakukan perbaikan sarana prasarana sanitasi dan kesehatan lingkungan kawasan kumuh kota

1727935

Pengunjung hari ini : 122
Total pengunjung : 626144
Hits hari ini : 418
Total Hits : 1727935
Pengunjung Online : 6
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling