Share Article
Selasa, 30 September 2014 - 13:47:44 WIB

BRI dan UB Sepakat Kembangkan Kambing Boer

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Indonesia Bermitra - Dibaca: 4367 kali

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk (Persero) dan Universitas Brawijaya (UB) menandatangani piagam kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk pemanfaatan produk dan jasa perbankan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pembibitan dan pengembangan kambing boer serta pemberian beasiswa. Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) BRI Djarot Kusumayakti dalam sambutannya mengatakan BRI sebagai perusahaan terbuka yang turut dimiliki masyarakat memiliki tanggung jawab sosial yang besar. 'Tidak saja terhadap keberlanjutan usaha perusahaan dalam jangka panjang, namun turut juga memberi sumbangsih terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya' papar Djarot.

Ia menambahkan, tanggung jawab sosial BRI merupakan kelanjutan pelaksanaan Peraturan Menteri Negara BUMN nomor PER-08/MBU/2013 tanggal 10 September 2013 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang mewajibkan setiap BUMN untuk melaksanakan kegiatan PKBL tersebut. 'Namun tidak semata hanya untuk memenuhi kewajiban peraturan pemerintah, tetapi BRI juga turut menanggapi permasalahan sosial dan kesejahteraan masyarakat' ujarnya. Oleh karena itu BRI melaksanakan program PKBL sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih luas yaitu sebagai wujud sumbangsih BRI terhadap pemberdayaan perekonomian rakyat, pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan rakyat dan pelestarian lingkungan alam. Bentuk bantuan dari BRI berupa bantuan investasi, pembibitan dan pemeliharaan sebesar Rp 1,55 milyar untuk pengembangan populasi kambing boer, Pemberian bantuan pengembangan kambing boer dilakukan untuk membantu bidang pendidikan dalam rangka pengembangan penelitian untuk menghasilkan produk kambing unggulan serta membantu meningkatkan pemberdayaan masyarakat khususnya peternak.

Pembibitan dan Pengembangan Kambing Boer

Dana sejumlah 1,55 M digunakan untuk pengadaan kambing-kambing lokal yang akan dikawinkan dengan bibit unggul dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (FPt-UB) yaitu kambing boer. Keturunannya akan disebar kepada peternak melalui investasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BRI. 'Jadi ada dua manfaat, pertama kredit BRI jalan, kedua dapat meningkatkan kualitas kambing lokal' ujar Dekan Fakultas Peternakan UB, Prof.Dr.Ir. Kusmartono. Kambing Boer merupakan kambing pedaging yang memiliki banyak keunggulan diantaranya pertumbuhan yang sangat cepat. Keunggulan lain seperti disampaikan Kusmartono adalah berat bisa mencapai 35-45 kg pada umur 5-6 bulan, rendah kolesterol dan kandungan lemak yang tipis sehingga aman dikonsumsi. 'Target kami pertambahan populasi lebih cepat sehingga dapat meningkatkan perekonomian peternak' tambahnya.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI akan melakukan perbaikan sarana prasarana sanitasi dan kesehatan lingkungan kawasan kumuh kota

2684836

Pengunjung hari ini : 266
Total pengunjung : 954449
Hits hari ini : 566
Total Hits : 2684836
Pengunjung Online : 3
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling