Share Article
Kamis, 19 November 2015 - 14:29:20 WIB

LOCAL CHAMPION TERAS USAHA MAHASISWA 2015

Diposting oleh : M Taufiqurahman
Kategori: Kisah Indonesia - Dibaca: 2367 kali

Berdasarkan hasil seleksi yang telah dilaksanakan oleh Tim Panitia yang berasal dari Bank BRI, Harian Kompas dan UKM Center UI, maka telah didapatkan total 18 Pemenang lokal Program Teras Usaha Mahasiswa 2015, dari seluruh kota yang berpartisipasi. Adapun daftar pemenang lokal adalah sebagai berikut:
1. JAKARTA
A. COPYCINO (UNIVERSITAS PRASETYA MULYA)
CopyCino menawarkan jasa print -scan- copy gratis kepada para mahasiswa (bukan promo, bukan diskon, dan juga bukan kopi). Nama CopyCino sendiri muncul ketika founder sedang memikirkan kata-kata sehari-hari yang berawalan kata copy, dan terlintaslah nama kopi seperti cappucino dan kata 'CINO' sendiri merupakan singkatan Creativity Is Number One.

B. EKABI ICE CREAM (UNIVERSITAS BINA NUSANTARA)
EKABI merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang F&B (food and beverages), dibangun dari penyelesaian masalah yang timbul dari masyarakat di mana mereka bosan dengan tampilan eskrim yang terlampau populer (mainstream) dan kekhawatiran akan kesehatan karena kandungan lemak (fat) dalam eskrim. Sebab itu EKABI eskrim mengeluarkan eskrim rendah lemak (lowfat) dan eksrim modern kreatif dengan tampilan yang begitu menarik mulai dari fish ice cream, ekabi flower pot, ekabi cacing, ekabi snow ice popcorn, ekabi honew drew, dll Produk utama EKABI mengutamakan makanan penutup (dessert) berupa eskrim sebagai menu andalan yang disajikan dengan berbagai varian rasa dan bentuk yang kreatif. EKABI senantiasa juga mengedepankan pelayanan yang baik dengan nilai utama adalah membudayakan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat melalui konsumsi produk yang juga sehat.

C. GREENEMA BIO PESTISIDA (INSTITUT PERTANIAN BOGOR)
'Greenema' yang merupakan merk dagang dengan keunggulan menjamin produksi pertaniaan yang aman untuk dikonsumsi, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Penjualan 'Greenema' diharapkan mampu mewujudkan pertanian yang berbasis ekologi antara lain pertanian ramah lingkungan dan pertanian selaras dengan alam, dengan tujuan menjamin keberlanjutan usaha pertanian pada produktivitas tinggi dan berkualitas. Selain itu produk 'Greenema' akan mengurangi input biaya produksi pada petani.

2. BANDUNG
A. KONSTINOPEL (SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TEKSTIL BANDUNG)
Bandung yang merupakan sentra alas kaki Jawa Barat memiliki peran yang signifikan dalam pergerakan perekonomian daerah. Menurut data dari Departemen Perindustrian tahun 2006 yang tercantum dalam uraian Sebayang (2012), lebih dari 50% indsutri alas kaki di Indonesia terdapat di Cibaduyut Bandung. Berangkat dari latar belakang pendidikan tekstil, kelompok ini mencoba untuk mengeksplorasi potensi daerah yang ada di tempat tinggal yaitu industri alas kaki dengan mengkombinasikan keilmuan tekstil yang diperoleh di bangku kuliah, yaitu dengan mengeksplorasi penggunaan serat-serat alam yang tumbuh di Indonesia untuk dikolaborasikan sebagai bahan utama dalam pembuatan sepatu.

B. VOREKRAFT (SCHOOL OF BUSINESS MANAGEMENT ITB)
Vorekraft digagas oleh sekelompok mahasiswa yang memiliki minat yang sama yaitu travelling ke berbagai wilayah di Indonesia. Banyak peluang yang bisa diambil dari hobi travelling, namun belum banyak orang/perusahaan yang memanfaatkan peluang ini.
Adapun gagasan utama mendirikan Vorekraft adalah keinginan menumbuhkan minat travelling masyarakat Indonesia. Seperti pepatah the world is a book and those who do not travel read only one page. Kita harus melakukan perjalanan mengunjungi tempat tempat 'indah' di Indonesia setidaknya sekali seumur hidup

C. TEMPONG (TEMPE DAUN SINGKONG) - UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
Usaha ini juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan kedelai yang mulai sulit didapatkan, dan semakin melonjaknya harga kedelai akibat kebijakan import. Harapan jangka panjang kami, produk olahan daun singkong ini dapat menggantikan tempe berbahan kedelai yang biasa ada dipasaran.

3. YOGYAKARTA
A. SRI VIRGIN COCONUT OIL (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
Ide untuk meningkatkan daya saing produk, dengan meningkatkan produk akhir olahan kelapa Virgin Coconut Oil. Dari beragam pilihan pengolahan kelapa selain desicated coconut (DC), coconut milk/cream (CM/CC), coconut charcoal (CCL), activated carbon (AC), brown sugar (BS), nata de coco (ND), coconut fiber (CF) dan coconut wood (CW). SRI Virgin Coconut Oil yang diproduksi akan menjadi pilihan di dunia untuk menuju gaya hidup sehat dari produksi lokal berdaya saing global.

B. RENDANG INTERASA (UNIVERSITAS GAJAH MADA)
Makanan tradisional yang telah dikembangkan Interasa Nusantara saat ini adalah rendang, yang merupakan masakan tradisional Suku Minang Kabau, Sumatera Barat. Berawal dari produksi skala kecil pada Desember 2014 di Yogyakarta, Interasa Nusantara mulai memproduksi Rendang kemasan. Hingga saat ini kami telah memproduksi 4 varian Rendang siap santap (Rendang Sapi, Rendang Kentang, Rendang Ayam dan Rendang Ceker), yang telah dijual ke daerah Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Untuk proyeksi 3 tahun kedepan, dengan membuka jaringan kerjasama dengan pengusaha kuliner tradisional di berbagai daerah, Interasa akan mengembangkan jenis kuliner yang diproduksi. Tidak hanya Rendang saja, namun juga makanan tradisional dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

C. MAJAPAHIT ELECTRONIC (UNIVERSITAS GAJAH MADA)
Majapahit Electronics berawal dari komunitas kecil penggemar elektronika, yang tidak sengaja bertemu dan berdiskusi setiap minggu. Komunitas ini memiliki mimpi untuk memajukan ekonomi Indonesia dengan teknologi. Mimpi tersebut dirintis dengan menjadi vendor bagi mahasiswa yang membutuhkan sebuah prototype untuk tugas ataupun kompetisi. Langkah demi langkah dilalui, tak terkecuali feedback yang negatif, mulai dari tingkat kerapian pemasangan komponen hingga ketahanan komponen terhadap konsleting. Maka perubahan pun dilakukan agar tercipta customer delight.

4. MEDAN
A. MY SLAN (UNIVERSITAS SUMATERA UTARA)
MY SLAN (Make Your Shoes Like A New) memberikan kemudahan bagi para pengoleksi ataupun pengguna sepatu dalam merawat sepatu kesayangannya. Usaha perawatan sepatu cukup menjanjikan karena dapat memberikan kepuasan bagi pelanggannya yang minim pengetahuan tentang merawat sepatu. MY SLAN melayani beberapa jenis jasa perawatan sepatu seperti: repaint, fast cleaning, unyellowing, dan custom.

B. MOMI KARA (UNIVERSITAS SUMATERA UTARA)
MooMy KaRa merupakan jenis jajanan yang memanfaatkan produk pangan lokal asli Indonesia seperti ubi jalar, pisang, kentang, kacang hijau, dan talas. MooMy KaRA diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan pangan lokal Indonesia. MooMy KaRa juga merupakan molen yang pembuatannya tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti pemanis buatan dan penguat rasa. MooMy KaRa bukan hanya jajanan yang enak dan terjangkau tetapi juga merupakan jajanan yang bermanfaat.

C. SMART BOTTLE (UNIVERSITAS SUMATERA UTARA)
Smart Bottle merupakan sebuah inovasi R3 (Reduce,Reuse dan Recycle) dengan sentuhan seni menghias botol bekas yang dikombinasi dengan tanaman yang memiliki nilai ekologi yang tinggi. Smart Bottle sendiri merupakan sebuah produk dari perusahaan agrisultan yang menekuni bidang sociopreneur dalam mengembangkan usahanya. Aksi sosial yang sampai saat ini rutin dijalani yaitu ikut andil dalam pembentukan pengusaha muda di panti asuhan Ade Irma Suryani yang berada di kota Medan

5. MAKASSAR
A. KAFE PACOO.COM (UNIVERSITAS HASANUDDIN)
Kafe Paccoo.com mengusung konsep business and community development dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan pendapatan petani. Kafe paccoo.com terletak di lantai dasar Gedung B Rusunawa 2 Universitas Hasanuddin, kampus Tamalanrea, Makassar.

B. DRAGONFOOD (UNIVERSITAS HASANUDDIN)
Dragon Food hadir seiring dengan meningkatnya permintaan rumput laut serta potensi indonesia sebagai negara maritim, yang memiliki peluang besar dalam memanfaatkan berbagai jenis rumput laut yang hidup di perairannya sekaligus penghasil rumput laut terbesar di dunia. Dragon Food adalah suatu bentuk usaha di bidang kuliner olahan makanan yang sehat dan berkualitas baik.
C. MALLSAMPAH.COM (UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA MAKASSAR)
Sampah merupakan masalah yang selalu ditemukan di perkotaan. Selain menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan hidup, sampah juga membuat kualitas lingkungan hidup menjadi menurun. Mallsampah.com adalah sistem pengelolaan sampah berbasis web dan aplikasi. Cara kerjanya dengan mempertemukan pemilik sampah (mulai dari rumah tangga hingga restoran) dengan pihak yang membutukan sampah (pengepul sampah, pelaku industri daur ulang) melalui sebuah website sekaligus aplikasi bernama Mallsampah.com.
Mallsampah.com memiliki empat menu sebagai layanan yang ditawarkan untuk mengurangi sampah di lingkungan perkotaan, yaitu Sampah kebutuhan industri (sampah-sampah yang akan di daur ulang); Kreasi daur ulang (karya/kreasi masyarakat bebahan sampah); Barang bekas (layanan jual beli barang bekas dengan syarat bukan otomotif dan barang baru); Sampah news (berita-berita dan tips seputar sampah dan lingkungan hidup dengan tujuan mengdukasi)

6. DENPASAR
A. SIRUP RUMPUT LAUT NE JAEN (UNIVERSITAS UDAYANA)
Sirup Rumput Laut NE JAEN merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner khususnya minuman yang memanfaatkan komoditas lokal hasil pertanian Nusa Penida yaitu rumput laut. Usaha Sirup Rumput Laut Ne Jaen dapat dikategorikan sebagai jenis usaha sosial, karena memberi added value dengan sistem bagi hasil. Sehingga dapat meningkatkan harga jual rumput laut itu sendiri. Melalui usaha Sirup Rumput Laut Ne Jaen diharapkan dapat menjadii salah satu alternatif dalam mensejahterakan petani lokal, memberdayakan masyarakat, memberikan bekal dalam inovasi produk, serta sebagai ikon baru Nusa Penida sehingga nantinya masyarakat Nusa Penida bisa mandiri dalam mengolah sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

B. SINTASK (UNIVERSITAS UDAYANA)
SinTask merupakan produktif and fun social network dimana jejaring sosial ini memberikan tempat pada pengguna untuk melakukan kegiatan produktif (mengerjakan pekerjaan, tugas, kolaborasi maupun berbagi kegiatan produktif) dan melakukan aktivitas yang menyenangkan (game, sosialisasi, chatting). SinTask menggabungkan jejaring sosial, alat produktivitas serta fitur hiburan. Tujuan dari jejaring sosial ini yaitu membuat penggunanya tetap produktif namun juga mendapatkan hiburan (having fun) di dalamnya. Konsep sosial media yang ditawarkan SinTask cukup unik. SinTask user diajak peduli kewajiban-kewajiban yang akan dilakukan sambil bersosialisasi dengan pengguna lain atau membuka fitur-fitur hiburan di SinTask. Dengan tagline 'Reach Productivity and Fun' user diharapkan mendapatkan produktivitas sekaligus kesenangan. SinTask tersedia dalam platform website dan aplikasi android.

C. BALI URBAN HERBS AND SOUVENIR (UNIVERSITAS UDAYANA)
Bali Urban Herbs and Souvenir adalah salah satu upaya untuk memberdayakan rumah tangga perkotaan untuk memenuhi permintaan konsumsi herbal melalui budidaya skala rumah tangga. Dampak yang diharapkan dari program ini bukan hanya dampak bisnis, namun juga dampak sosial yang mencakup perbaikan mutu kehidupan masyarakat perkotaan.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI akan melakukan perbaikan sarana prasarana sanitasi dan kesehatan lingkungan kawasan kumuh kota

1727904

Pengunjung hari ini : 117
Total pengunjung : 626139
Hits hari ini : 387
Total Hits : 1727904
Pengunjung Online : 6
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling