Share Article
Selasa, 14 Maret 2017 - 16:35:07 WIB

BRI Turut Serta Berpartisipasi Kembangkan Desa Wisata di Borobudur

Diposting oleh : Agusman Muhammad Latief
Kategori: Indonesia Membangun - Dibaca: 134 kali

(Magelang) - Bank BRI berkomitmen mendukung pengembangan desa wisata di kawasan destinasi unggulan baru, seperti Borobudur, Jawa Tengah. Sektor pariwisata saat ini tengah dikembangkan menjadi salah satu 'tulang punggung' perekonomian Indonesia. Pada 2019, sektor pariwisata ditargetkan pemerintah menjadi penghasil devisa terbesar bagi Indonesia sekitar US$ 24 miliar, dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara 20 juta.

Tahun lalu, pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sekitar 12 juta. Sedangkan perolehan devisa ditargetkan sekitar US$ 14,4 miliar, dengan asumsi rata-rata belanja wisman US$ 1.200. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah antara lain fokus membangun 10 destinasi wisata unggulan, yakni Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai (Maluku Utara), serta Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur).

Bank BRI menyatakan, pengembangan desa wisata itu antara lain dilakukan dengan membantu pembangunan Balai Ekonomi Desa atau Balkondes. Balkondes pertama yang dibangun Bank BRI terletak di desa sekitar Candi Borobudur, yang merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di dunia.

Seremoni peletakan batu pertama pembangunan Balai Ekonomi Desa Bank BRI di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilakukan Rabu (11/1) sore. Seremoni tersebut antara lain dihadiri oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M Soemarno serta Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam. ’Program Balkondes diharapkan mendorong ekonomi masyarakat tumbuh. Masyarakat dapat memanfaatkan Balkondes untuk pengembangan ekonomi desa, dengan memanfaatkan arus wisatawan yang berkunjung ke Borobudur,’ kata Rini.

Pembangunan Balkondes-Balkondes di daerah wisata unggulan akan dilakukan lewat sinergi BUMN. ‘Bank BRI bersinergi dengan BUMN lain -- melalui ’BUMN Hadir untuk Negeri’ -- untuk mengembangkan kawasan di sekitar Candi Borobudur. Kami membangun 20 Balkondes di 20 desa, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di kawasan Candi Borobudur,’ ujar Sekretaris Perusahaan Bank BRI Hari Siaga Amijarso di Magelang, Rabu (11/1).

Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, yang selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata.’Konsep Balkondes sendiri didukung penuh oleh Bank BRI, karena sejalan dengan pengembangan bisnis UMKM yang selaras dengan bisnis inti BRI,’ imbuh Hari Siaga. Desa Tanjung Sari dipilih menjadi Balkondes Bank BRI, karena memiliki potensi industri rumahan pembuatan tahu, pembuatan suvenir, dan seni Jathilan. Bakoldes dilengkapi dengan pendopo utama, limasan, art shop, gazebo, mushola, toilet, panggung utama, dan homestay, di mana masyarakat bisa memanfaatkan semua infrastruktur yang ada guna meningkatkan potensi desa wisata.

’Masyarakat harus disiapkan untuk menjadi tuan rumah menghadapi pertumbuhan kunjungan wisatawan di kawasan Candi Borobudur, melalui pembangunan Balkondes dan penyediaan layanan homestay. Ditargetkan ada dua juta wisatawan mancanegara di tahun 2019 ke sini,’ kata Hari Siaga. Dengan kehadiran Balkondes di Desa Tanjung Sari, diharapkan pendapatan masyarakat akan meningkat, menciptakan kesempatan berusaha, dan dapat membuka lapangan kerja. ’Kami berharap melalui program ini dapat mengangkat ekonomi masyarakat di kawasan Candi Borobudur,’ papar Hari Siaga.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI Kembangkan Teras Usaha Nelayan di Pesisir Pantai Tegal

1340550

Pengunjung hari ini : 522
Total pengunjung : 487244
Hits hari ini : 1756
Total Hits : 1340550
Pengunjung Online : 3
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling