Share Article
Senin, 16 April 2018 - 10:30:58 WIB

Giat Jalankan Program Mangrovisasi, Bank BRI Gelontorkan Dana BL Sebesar Rp. 6 Miliar

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Indonesia Lestari - Dibaca: 300 kali

Menyadari pentingnya sabuk hijau pantai bagi keberlangsungan ekosistem di pantai dan rawa-rawa serta dalam menjaga garis pantai dari dampak buruk abrasi laut, Bank BRI giat melakukan program mangrovisasi. Lebih dari Rp. 6 miliar dana Bina Lingkungan atau dana BL yang telah digelontorkan oleh Bank BRI untuk menjalankan program mangrovisasi dari tahun 2013 sampai dengan saat ini.
Program tersebut dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak, terutama dari masyarakat setempat, pelajar sekolah, yayasan atau komunitas peduli lingkungan hingga instansi resmi pemerintahan. Daerah cakupan program pun sangat luas, Dari Langkat di Sumatera Utara, berlanjut menyusuri pesisir timur Pulau Sumatera, Mempawah di Kalimantan Barat, Maros di Sulawesi Selatan, pesisir utara Pulau Jawa, Bali hingga Ende di Flores, Nusa Tenggara Timur, menjadi lokasi tempat dilaksanakannya program mangrovisasi Bank BRI.
Sebagai informasi, Lokasi yang menjadi tempat dilaksanakannya program mangrovisasi Bank BRI merupakan lokasi yang sedang mengalami kerusakan hutan mangrove cukup parah. Kerusakan tersebut dikarenakan penebangan liar yang dilakukan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Akibatnya Banjir rob atau masuknya air laut ke daratan makin menggila. Air laut tidak hanya menyebabkan permukaan air sungai di dekat muara makin naik, tapi di beberapa tempat, air sudah masuk jauh ke perkampungan penduduk.
Untuk itulah, Bank BRI dengan program mangrovisasi nya kemudian melakukan penanaman lebih dari 200 ribu bibit pohon bakau, pohon api-api, cemara laut, dan pohon ketapang di sepanjang pantai. Selain melakukan penanaman, sebagai bagian program mangrovisasi, Bank BRI juga melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat setempat berupa pengenalan tentang manfaat mangrove serta pengolahan hasil mangrove untuk meningkatkan perekonomian.




Isi Komentar :
  • Bank BRI Meluncurkan Teras Kapal BRI Pertama di Indonesia di Kepulauan Seribu
  • Bank BRI Bekerjasama dengan LKBN Antara menyelenggarakan Lomba Foto UMKM untuk Kategori Jurnalis dan
  • Bank BRI Bekerjasama dengan Kompas melaksanakan Program Teras Usaha Mahasiswa di 6 Kota di Indonesia
  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan meresmikan Hunian Tetap Warga di Banja
  • BRI akan melakukan perbaikan sarana prasarana sanitasi dan kesehatan lingkungan kawasan kumuh kota

2370284

Pengunjung hari ini : 756
Total pengunjung : 833947
Hits hari ini : 1635
Total Hits : 2370284
Pengunjung Online : 6
Pilih Program Prioritas Anda?

Lihat Hasil Poling